KIRCHOFF

KIRCHOFF

Gustav Robert Kirchhoff(12 Maret 1824 – 17 Oktober 1887) adalah seorang fisikawan Jerman yang berkontribusi pada pemahaman mendasar dari rangkaian listrik, spektroskopi, dan emisi tubuh hitam-radiasi oleh benda-benda dipanaskan. Dia menciptakan radiasi “benda hitam” dalam 1862, dan dua set konsep yang independen baik dalam teori rangkaian dan emisi termal yang bernama “hukum Kirchhoff” setelah dia, serta hukum termokimia. Penghargaan Bunsen-Kirchhoff untuk spektroskopi adalah bernama setelah dia dan rekannya, Robert Bunsen.
Hidup dan bekerja
Gustav Kirchhoff dilahirkan di Königsberg, Prusia Timur, putra dari Friedrich Kirchhoff, seorang pengacara, dan Johanna Henriette Wittke. Dia lulus dari Universitas Albertus Königsberg pada tahun 1847 di mana dia menghadiri seminar mathematico-fisik yang diarahkan oleh Franz Neumann dan Friedrich Ernst Julius Richelot. Dia menikah Clara Richelot, putri Richelot dosennya matematika. Pada tahun yang sama, mereka pindah ke Berlin, di mana ia tinggal sampai ia menerima jabatan profesor di Breslau.
Kirchhoff merumuskan hukum rangkaian nya, yang sekarang di mana-mana di bidang teknik listrik, pada tahun 1845, saat masih mahasiswa. Ia menyelesaikan studi sebagai latihan seminar, tetapi kemudian menjadi disertasi doktornya. Pada 1857 ia menghitung bahwa sinyal listrik dalam kawat resistanceless perjalanan sepanjang kawat dengan kecepatan cahaya [1]. Ia mengusulkan hukum radiasi termal pada 1859, dan memberikan bukti pada tahun 1861. Dia dipanggil ke Universitas Heidelberg pada 1854, di mana ia bekerja sama dalam pekerjaan spektroskopi dengan Robert Bunsen. Bersama Kirchhoff dan Bunsen menemukan cesium dan rubidium pada 1861. Di Heidelberg ia berlari sebuah seminar mathematico-fisik, model yang Neumann, dengan matematika Leo Koenigsberger. Di antara mereka yang menghadiri seminar ini adalah Arthur Schuster dan Sofia Kovalevskaya. Pada tahun 1875 Kirchhoff menerima kursi pertama yang khusus didedikasikan untuk teori fisika di Berlin.
Pada 1862 ia dianugerahi Medali Rumford untuk penelitian pada garis tetap dari spektrum matahari, dan pada inversi garis terang dalam spektrum cahaya buatan.
Ia memberikan kontribusi besar terhadap bidang spektroskopi dengan merumuskan tiga hukum yang menggambarkan komposisi spektrum cahaya yang dipancarkan oleh benda-benda pijar, membangun substansial pada penemuan David Alter dan Anders Jonas Angstrom (lihat juga: analisis spektrum).
Dia juga memberikan kontribusi untuk optik, hati-hati memecahkan persamaan Maxwell untuk memberikan dasar yang kuat untuk prinsip Huygen (dan mengoreksi dalam proses). [2]
Kirchhoff meninggal pada tahun 1887, dan dimakamkan di St Matthäus Kirchhof Cemetery di Schöneberg di Berlin.
Kirchhoff tiga hukum spektroskopi
1. Sebuah benda padat panas menghasilkan cahaya dengan spektrum kontinu.
2. Suatu gas renggang panas menghasilkan cahaya dengan garis-garis spektral pada panjang gelombang diskrit (warna tertentu yaitu) yang tergantung pada tingkat energi dari atom dalam gas. (Lihat juga: spektrum emisi)
3. Sebuah benda padat panas dikelilingi oleh gas lemah dingin (yaitu lebih dingin dari obyek panas) menghasilkan cahaya dengan spektrum yang hampir terus-menerus yang memiliki celah pada panjang gelombang diskrit tergantung pada tingkat energi dari atom dalam gas. (Lihat juga: spektrum absorpsi)
Kirchhoff tidak tahu tentang keberadaan tingkat energi dalam atom. Keberadaan garis spektrum diskrit kemudian dijelaskan oleh model atom Bohr, yang membantu memimpin mekanika kuantum.
Kirchhoff hukum termokimia
Kirchhoff pada tahun 1858 menunjukkan bahwa variasi dari panas dari reaksi kimia diberikan oleh perbedaan kapasitas panas antara produk dan reaktan: dΔH / dT = ΔCp. Integrasi dari persamaan ini memungkinkan evaluasi dari panas reaksi pada satu suhu dari pengukuran pada suhu lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: